Cappuccino Para Purist

Warta dari koran Il Giornale. Italia mencoba berjuang mempertahankan minuman legendarisnya melawan gaya internasional (yang biasanya dilambangkan dengan Starbucks). Negeri ini mengeluarkan sertifikasi atas resep cappuccino klasik. Cappuccino, menurut “Italy’s National Institute for Italian Espresso” haruslah berupa susu yang diuapkan di atas satu shot espresso. Kopi susu ala Italia ini kemudian hanya boleh disajikan dalam cangkir keramik (bukan kertas atau styrofoam). Oh ya, sebelumnya, institut ini juga telah mengeluarkan sertifikasi yang didukung pemerintah, tentang resep espresso. Dukungan dari pemerintah ini wajar, karena Italia telah menganggap minuman kopi sebagai budaya nasional. Kopi2 internasional pun masih selalu menyandang tata istilah perkopian Italia. Kopi tubruk, misalnya, haha. Hush.

Cappuccino versi Italia, berbeda dengan versi kebanyakan cafe di negeri kita, dapat langsung ditenggak dalam beberapa detik saja. Para purist cappuccino mengatakan bahwa cappuccino murni selalu meninggalkan jejak bekas susu di cangkir setelah minuman itu habis. Pun ketika diaduk, hasilnya semestinya bukanlah warna coklat hasil campuran yang halus, melainkan campuran yang masih memiliki batas antara warna kopi dengan warna susu.

Kata orang Italia sih, warna coklat muda kopi itu mirip dengan warna jubah yang dikenakan para rahib Capuchin Italia. Karena itulah dulu namanya jadi cappuccino.

13 Comments

  1. Suatu saat kopi Indonesia juga akan Go International, apakah kopi tubruk, kopi pancung (Aceh), kopi tanker (batam) dll

  2. koronx_lezat

    hmm .. kayaknya kurang screensyut nih …

  3. “…Secangkir kopi, sebatang rokok.”
    -Iwan Falls-

    Caffein dan Nikotin.
    Mas Koen penggemar caffein.
    Sherlock Holmes penggemar nikotin.

    Tapi saya lbh suka kopi – paste. hehe :-D
    I dont care about damn DMCA

  4. Kopi opisboy, cepat dan wangi.

  5. Cappuccino? sampai sekarang saya masih cukup gagal untuk bisa membuat cappuccino yang benar, kesulitan utama adalah dalam membuat buih susu yang benar-benar pas…

  6. @1: Sekarang juga udah internasional kok. Java. Aceh. Mandehling. Toraja. Cuman, memang resep2 kopi kita harus lebih diangkat lagi. Kopi pancung kayak apa sih?
    @2: Ya neh, ini juga sambil mau belajar.
    @3: Mr Doyle hidup di zaman di mana kebusukan rokok belum banyak diketahui khalayak. Beza dengan zaman sekarang nie.
    @4: Ah, modal nyuruh2 doank :p
    @5: Nah, ini menarik. Kalau berhasil, ajari kita2 yaa.

  7. Lebih Tepat sebut Kopi Aceh dengan Kopi Gayo. Sebab walaupun di Aceh tanaman kopi itu tumbuh di daerah dataran tinggi gayo (1500 dpl). yaitu ada di Kab. Aceh Tengah, Gayo Lues, tapi yang paling luas ada di Kabupaten Bener Meriah. masyarakat Aceh aja sebutnya Kopi Gayo, Bukan Kopi Aceh. sama halnya mandailing dan sidikalang atau toraja, kenapa ga sekalian disebut kopi sumatera utara atau sulawesi selatan?. ga pas kan?

    liat aja di beberapa merk kopi berasal dari sana. -> http://www.kopigayo.blogspot.com, kopi gayo tidak ditulis dengan kopi Aceh, tapi Kopi Gayo!! karena emang berasal dari Gayo, sekitar 60% prekonomian masyarakatnya tergantung dari Kopi Gayo jenis arabika (kompas 2003).

    bahkan beberapa sumber sebutkan kopi pada jenis yang sama/ arabika jauh lebih baik dari Toraja (pernah disurvei) dan Kopi yang berasal dari Brasil (pernah menyurvei). Kopi Gayo belakangan menurunya grade karena :konflik 1999-2004, iklim serta pencampuran di medan untuk naikkan grade kopi dari daerah sumut.

    @1, Kopi dari indonesia udah go int’l kok, spt kopi gayo dan kopi toraja.

  8. abanx

    kopi aceh gak selalu identik dengan kopi gayo walaupun jenisnya sama (arabica). kopi yg selama ini ngetop di banda aceh misalnya merupakan kopi yg rata-rata berasal dari wilayah aceh jaya (lamno) dan pidie (geumpang dan tangse). sebagai contoh warkop2 ngetop di bilangan ulee kareng seperti solong dll.
    tapi ak setuju kopi gayo dah go internasional…

  9. italian style or not, rasa adalah yang utama :)

    @agusset, membuat busa susu yang sempurna butuh power yang cukup besar, cuma bisa dibuat dengan mesin espresso dengan kapasitas boiler 1,5 liter atau lebih.
    ciri busa susu yang baik: microfoam. logikanya: udara tidak punya rasa. kalau gelembung udaranya gede2, sama aja minum angin dong.. plus, rasa kopi jadi terhalang ama gelembung2 ybs.

  10. charles

    Yes, gue udah jadi purist juga nih.

    Italian cappucinno is the best, dan uniknya, pakai kopi Indo juga hebat.

    McCarthys’ Coffee lengkap cappucinnonya. Pakai LaCimbali mesinnya, tapi kopinya campuran papua, arabica dan robusta. mantap kali.

    Cobain deh, nyesel nggak nyoba

  11. nova

    Sebenarnya cappucino itu sejenis minuman hasil racikan atau jenis kopi atau campuran yang diberikan ke kopi ?
    Mohon informasinya karena orangtuaku sedang menanam tanaman yang namanya capuccino dan mengenai pemasaran masih kurang dipahami berhubung yang katanya tau dimana memasarkan hanya 1 orang.
    Terimakasih atas informasinya.

  12. sikecil_ayin

    Haha.. Pngen sih bkin cappuccino sndiri, tp ga prnah nyoba ga tw cara’na seh!
    Jdi trpaksa deh manfaatin cappuccino instant cuz ga pnya modal bwt ngafe!

  13. hm…..

    nikmat…..

Leave a Reply

%d bloggers like this: