92216570

Emang kamu nggak pernah nyontek, West?

Ha-ha :). Aku udah lama ngambil resiko dicap jadi makhluk aneh
dan menyebalkan. Aku nggak pernah nyontek di ujian, di kuis,
dan di tempat-tempat legal. Biariiiiinnnnnn!

Fyi: aku nggak pinter-pinter amat, jadi IP-nya nggak
bagus-bagus amat. Aku boleh nyalahin dosen sialan yang nggak
bisa ngajar dan berani-beraninya ngelamar jadi dosen, atau tugas
yang kebanyakan yang dirancang tanpa strategi yang bikin aku nggak
sempat belajar, atau sakit panjang (kayak sekarang) yang mengurangi
waktu dan intensitas belajar, atau sistem penilaian yang nggak adil.
Salahin aja yang memang salah. Tapi nggak ada satu pun yang bisa
jadi pembenaran buat cheating. Kesalahan sistem, kesalahan orang
lain, kesalahan takdir, nggak pernah bisa jadi alasan untuk ikut
melakukan kesalahan.

%d bloggers like this: