Jam Pasir

Teka teki: Alkisah, kita diberi dua buah jam pasir. Jam merah punya periode pasir 4 menit, dan jam biru 7 menit. Sekarang, kita ditugasi merebus telur selama, misalnya, 9 menit (don’t do it at home). Bagaimana memanfaatkan kedua jam pasir ini untuk menghitung waktu 9 menit?

[jawab]Mulai penghitungan dengan jam merah dan biru secara bersamaan saat telur mulai direbus. Setelah pasir di jam merah habis (=4 menit), balikkan jam merah. Setelah pasir di jam biru habis (=7 menit), balikkan jam biru. Setelah pasir di jam merah habis lagi (=8 menit), balikkan jam biru. Ingat, pada saat ini, pasir di sisi bawah jam biru menampung pasir berusia 1 menit saja. Setelah pasir di jam biru habis (=9 menit), angkat telurnya.
[/jawab]

17 Comments

  1. Mirip teka-teki disini Link

    Tapi buat orang seperti aku yg punya banyak wkt untuk merebus telur ;), aku bikin aja yg seperti ini:

    Jam pasir merah = 4 menit
    Jam pasir biru = 7 menit

    Langkah2:

    1. Balikkan kedua jam pasir merah dan biru bersamaan agar pasirnya jatuh ke bawah.

    2. Tunggu sampai jam pasir merah (4 menit ) habis.

    3. Rebus telur pada saat jam pasir merah habis.

    3. Bisa diasumsikan bahwa jam pasir biru akan habis 3 menit kemudian. ( 7 menit – 4 menit= 3 menit)

    4. Lakukan langkah ini selama 3 kali, dimulai ketika jam merah habis. Maka aku bs dapat wkt 9 menit tepat. Sesuai resep rahasia pembuatan omlet terlezat di dunia… :D

  2. spagiari

    “….sampai yang nggak bisa serius kayak aku.

    Nggak bisa serius? Ah ini cuma web. Nggak ada yang serius di dunia web :) ” -Kuncoro Wastuwibowo-

    Really???

    Kalau emang benar begitu, kenapa komentar saya sebelumnya didelete? Apakah itu dianggap spam? saya pikir masih relevan isinya kecuali bagian becandanya. I’m so sorry!

    Why dont u closed your comment box if there is someone out there doesnt feel free to speak up?

    Versi lain dari teka-teki jam pasir:

    Ada dua jam pasir, yaitu
    Jam pasir A dengan lama waktu pasirnya jatuh sampai habis adalah 7 menit. Jam pasir B dengan lama waktu 11 menit.

    Seseorang dikasih waktu selama 15 menit untuk memasak ramuan, dengan syarat ramuan tersebut harus dimasak 15 menit pass tak boleh lebih ataupun kurang, dengan modal kedua jam pasir tsb.

    Pertanyaannya, apa yang harus orang itu lakukan untuk menyetel kedua jam tersebut menjadi tepat 15 menit?

    Untuk teman2 yg gemar teka-teki:

    http://www.greylabyrinth.com/
    http://www.godtower.com/

  3. @1: Kayaknya salah deh :). Asumsinya, telur itu harus direbus 9 menit tanpa terputus. Tidak boleh 3 menit direbus, 4 menit diangkat, 3 menit direbus, dst. Pun kalau boleh, waktu totalnya lama sekali.
    @2: Didelete? Kapan? Mungkin hasil kerja Akismet. Tapi tentu saja, kebebasan menulis komentar di sini tidak mengurangi kebebasan saya menata letak dan tema site ini. Komentar yang lebih dari beberapa paragraf biasanya tidak saya approve.

  4. Wah, aku salah nebak di tebakan pertama :(

    Tebak-tebakannya lagi donk! :D

  5. Centrung…

    Misal: A=Jam pasir merah, B=jam pasir biru.

    1. Balik A dan B pada waktu bersamaan hingga pasir A habis(4 menit. Komposisi pasir A: 4-0, B:4-3)
    2. Balik A dan B(pilih yang bagian 3menit) hingga pasir B habis(3 menit. Komposisi pasir A:3-1, B:7-0)
    3. Balik A(pilih yang bagian 1 menit) dan B hingga pasir A habis(1 menit. Komposisi pasir A:4-0, B:6-1)
    4. Balik B(pilih yang bagian 1 menit) hingga pasir B habis.(1 menit)

    Jadi deh telor rebusnya…(dengan asumsi, bikin telor rebus yang bener memang 9 menit:D)

  6. Maaf mas Koen, ternyata komentar yg pertama gak kehapus…
    I was wrong. maaf yah. :) mohon maaf dari hati yg tulus.

    Salam kenal.
    Nama saya izza a.k.a spagiari, male, 19 years old. Live in Jakarta, Jogjakarta, Depok. Now student in FE UGM

    blog saya:
    http://spagiari.blogspot.com/
    http://izza.spagiari.org/

  7. trio purnomo

    pertama rebus telurnya
    taruh jam pasirnya bersama sama
    pada saat jam pasir yang 4 menit habis balik jam pasir yang 7 menit
    tunggu sampai jam pasir yang 7 menit tsb habis berarti sudah 9 menit tuh telur itu di rebus

  8. shinjo

    gimana klo gini,

    -misal jam pasir merah = 4mnt = A dan biru = 7mnt = B.
    kita balik A dan B bersamaan, tp kita hitung mulai saat A habis
    ( A = 4-0 B = 4-3 ), saat itu juga A kita balik. Setelah 3mnt, saat B = 7-0 berarti A = 3-1, kita balik dua2nya sehingga A = 1-3 dan B = 0-7. 3menit kemudain (yg berarti 6 mnt dr kita mulai) posisinya menjadi
    A = 4-0 dan B = 3-4 , kita balik B sehingga B = 4-3 . Saat B sudah
    B =7-0 berarti sudah 3mnt atau 9mnt dari kita mulai.

    -atau, kita tukarkan saja 2 jam pasir itu dg jam yg walopun ngga bagus tp masih fungsi normal, kyknya banyak yg mau kok, mengingat jam pasir adalah barang yg rada langka.. jd berikutnya kita lebih mudah menghitungnya.. :D

  9. Alkisah, kita diberi dua buah jam ??

  10. Caraku tak perlu pakai jam pasir. Lebih enak pakai jam weker.

  11. Tak perlu pakai jam pasir. Lebih enak pakai jam weker. Iya, kan? Hanya tinggal ngitung waktu kita mulai merebus (tapi alarmnya diputar dulu) dan tunggu sampai jamnya berbunyi.

  12. mulai penghitungan dengan jam merah dan biru secara bersamaan
    setelah telur mulai direbus.setelah pasir jam merah habis(=4menit)
    balikan jam merah.setelah jam pasir warna biru habis (=7menit) balikkan jam biru.setelah pasir di jam merah habis lagi(=8menit balikan jam biru.ingat,,pada saat ini,pasir disisi bawah jam biru menampung pasir berusia satu menit aja.setelah pasir di jam biru habis (=9menit), angkat telurnya

  13. What a butiful language (-:

  14. eh jam pasir tu klo pasirnya uda di bwh smua kira2 bisa kebalik sendiri ga? soalnya wa pernah liat kok ada yg bs kebalik sendiri secara otomatis kira2 ada ga ya? apa mgkn wa mimpi?

    klo ada wa mw beli neh hehe koleksi barang2 analog tp unik

  15. i love this post

  16. Rudy Setiantomo

    Saya butuh jam pasir yang 1 dan 2 menit, apakah bapak ada barangnya ? saya akan beli lebih dari 1 bh dan berapa harganya ya, dimana bisa saya dapatkan…….

    Tks
    Rudy Setiantomo

  17. cara pertama :
    balik jam pasir 4 menit bersamaan dengan mulainya telur direbus, trus perhatikan jam pasir tadi, pas ketika tinggal setengah balikin jam pasir 7 menit. Trus tungguin aja sampai jam yang 7 menit habis, kira2 dapatnya 9 menit, tergantung ketelitian ngeliat jam pasir 4 menit diposisi setengah tadi.

    cara kedua:
    ambil plastik, trus masukin kedua jam pasir kedalamnya, atur posisi kedua jam dalam keadaan terbalik. Trus bawalah keduanya ke toko jam, tukar tambah dengan jam pasir 9 menit. Berikutnya, ya tau sendirikan?

    tengkiu
    Mbah BambAAANK (dibaca dengan mulut mengaga lebar)

Leave a Reply

%d bloggers like this: