Kolisi LHC Berhasil

Di tengah deretan tweet yang agak membosankan malam ini, mendadak sebuah tweet Teh @Ranti membawakan berita gembira: LHC sukses! Follow @CERN, lalu langsung menuju situs CERN, sebuah press release telah disiapkan di sana. Ya, kolisi yang telah disiapkan bertahun-tahun itu akhirnya sukses dieksekusi hari ini, pukul 18.06 WIB. Partikel-partikel berpacu secara stabil, kemudian ditumbukkan pada tingkat energi 7 TeV (teraelekronvolt). Ini rekor baru tumbukan rekayasa manusia: tiga setengah kali lebih tinggi dari rekor sebelumnya.

CERN akan menjalankan LHC selama 18-24 untuk menyiapkan data bagi riset-riset fisika partikel. Tujuannya tak lain dari meninjau kembali Standard Model yang menjadi dasar ilmu fisika beberapa dasawarsa terakhir. Yang konon paling banyak dicari adalah jejak dari boson Higgs yang diharapkan bakal membuka tabir misteri gravitasi. Ini termasuk tugas lab ATLAS dan CMS. Jika boson Higgs berada pada tingkat energi 160 GeV, diharapkan ia dapat terdeteksi. Namun jika tingkatnya jauh lebih kecil atau justru lebih besar, kolisi saat ini belum akan dapat menemukannya.

Untuk riset di bidang supersimetri, ATLAS dan CMS memberikan sensitivitas dua kali eksperimen sebelumnya, yaitu diharapkan dapat mencapai level 800 GeV. akan memberikan data-data untuk partikel dengan massa/energi yang terdeteksi pada sensitivitas 400 GeV. Dalam dua tahun ke depan, diharapkan LHC dapat membantu menemukan partikel supersimetrik. Eksperimen di LHC juga diharapkan mampu mendeteksi partikel bermassa hingga 2 TeV, sementara eksperimen sebelumnya baru menghasilkan deteksi massa 1 TeV.

Setelah eksperimen perdana ini, LHC diistirahatkan, dan diperbaiki kembali untuk mempersiapkan tumbukan pada level 14 TeV. Biasanya CERN mengoperasikan akseleratornya dalam siklus tahunan: dijalankan 7-8 bulan, lalu dimatikan 4-5 bulan. Namun mesin LHC ini bersifat cryogenic yang bekerja pada suhu amat rendah. Perlu hingga 1 bulan untuk mengembalikan suhu akseleratornya ke suhu normal, dan nantinya perlu 1 bulan lagi untuk mendinginkannya ke suhu operasi. Maka kini siklusnya tidak lagi tahunan. Ia akan dioperasikan terus-menerus selama dua tahun.

Para fisikawan dan para pecinta sains, mari kita syukuri malam ini :).

6 Comments

  1. Hahaha… Mas Kun, ga ngerti sepotong pun bagian dari tulisan ini. Aku cuman inget saah sau dalil einstein “jika suatu zat bergerak mendekati kecepatan cahaya maka massa-nya mendekati tak terhinggga”. Lah, kalo gitu,gimana ngukurnya?

  2. mungkin sebelumnya perlu dijelaskan apa itu LHC, Mas Kun :)

  3. Koen

    Aku pernah nulis tentang LHC sih. Ini dia:
    http://kun.co.ro/2007/12/30/lhc-2008/

    Atau lebih baik ke sini saja deh:
    http://enggar.net/2010/03/31/large-hadron-collider/

  4. aduh blank sekali otak saya, ngga ngerti

  5. Langkah besar menuju “time machine” shg memungkinkan untuk time travel?

  6. sasuke

    bisa jadi :

    1. time machine
    2. senjata baru yang lebih canggih

    gw ga terlalu seneng sama penemuan ini, kalo ada kesalahan ga ada jaminan, para ilmuannya udah pada kepedean.

    kalo ada kesalahan maka yang terjadi :

    1. black hole
    2. ledakan dahsyat

    makanya mereka ga boleh lengah pas nguji ini mesin, kalo ada kesalahan bisa fatal. bukannya jadi penemuan malah jadi kehancuran

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tweets that mention Kuncoro++ » Kolisi LHC Berhasil -- Topsy.com - [...] This post was mentioned on Twitter by Eddy Indra, Koen. Koen said: Langsung nulis blog tentang LHC: http://kun.co.ro/2010/03/30/kolisi-lhc-berhasil/ [...]
  2. Kuncoro++ | Mencari Boson Higgs - [...] 30 Maret 2010, blog ini menyambut berhasilnya kolisi perdana di LHC. Waktu itu disebutkan: CERN akan menjalankan LHC selama…

Leave a Reply

%d bloggers like this: