Usia Sultan

Yang ini simpel banget. Tapi aku suka caranya yang non aljabar :).

Alkisah waktu Sultan Mas’ud masih belajar matematika, ia bertanya kepada gurunya, Abdul Azis. “Guru, apakah engkau punya anak?”
“Oh ya, Tuan Muda. Aku punya tiga anak.”
“Berapa usianya?
Abdul Azis berpikir sejenak. Lalu menjawab: “Jumlah usia mereka sama dengan usia Tuan Muda. Sedangkan hasil kali usia mereka adalah usiaku, yaitu 36.”
Giliran Sultan Mas’ud yang berpikir. Lalu ia berkata: “Aku tidak dapat memecahkannya.”

Pertanyaan: Berapa usia Sultan Mas’ud?

[jawab]Dengan asumsi bahwa usia selalu disebut sebagai bilangan bulat, dan dengan asumsi bahwa Sultan Mas’ud tahu usianya sendiri, kita misalkan tiga usia ix, iy, dan iz bilangan bulat, dengan ix*iy*ix=36. Karena 36 = 2*2*3*3, maka kemungkinan kombinasi untuk ix, iy, dan iz, beserta jumlahnya, adalah: 1+1+36=38, 1+2+18=21, 1+3+12=16, 1+4+9=14, 1+6+6=13, 2+2+9=13, 2+3+6=11, 3+3+4=10. Jika misalnya usia Sultan Mas’ud adalah 16, ia tahu bahwa kombinasi yang benar adalah 1+3+12. Karena Sultan Mas’ud tidak bisa memecahkan, maka patut diduga bahwa ia berusia 13 tahun, dan ia tidak tahu solusinya 1+6+6 ataukah 2+2+9.
[/jawab]

8 Comments

  1. Dugaan keduaku: 2 + 3 + 6 = 11.
    Bisa berupa kombinasi yg lain juga tentunya.
    Tapi yg jadi dugaan pertamaku: si sultan gak bisa jawab gara2 gak tau umurnya sendiri berapa. Karena, umur 10 pun harusnya si sultan bisa jawab, kan udah diprivat ama guru yg keren gitu ^_^ Peace .. Oroo.

    Ayo tebak2annya lagih .. lagih .. :D

  2. yosu

    11 kalo anaknya ngga kembar

  3. Amal

    11 tahun .. betul kah?

  4. Duuuuh, jawabannya udah ada di atas, diblok antara [jawab] dan [/jawab], tinggal diblok. Silakan tebak, trus dikoreksi sendiri yaaaaa :).

  5. Si sultan berusia 19 tahun dan Abdul Azis sedang salah bikin soal. Dan ternyata ada kemungkinan pula si sultan menyerah tanpa mencoba berhitung (versi alter finale…. kaburrrr hehehe)

  6. yosu

    kalo sultan 11 tahun, maka patut diduga dia mampu memecahkan? am i miss something?

  7. @5: Itu juga betul, Sultan Niwatori
    @6: Kalau dia 11 tahun, maka ia tahu bahwa solusinya 2+3+6. Bahwa ia tidak bisa memecahkan, berarti solusinya tidak tunggal: bisa nol bisa lebih dari satu. Tapi kalau nol, berarti Abdul Azis salah. Kalau lebih dari satu berarti … ya seperti di atas itu lah.

  8. Amal

    halah iya.. ya .. kirain Sultan Mahmud-nya yg ndak bisa matematik. Dr awal sdh curiga dengan hint;- non aljabar.. ada yg lain lagi ndak Mas? :-)

Trackbacks/Pingbacks

  1. Kuncoro++ - Metapuzzle... Teka-teki Usia Sultan ternyata sempat bikin keki. Yang menjebak dalam teka-teki itu bukan bahwa kita sedang…

Leave a Reply

%d bloggers like this: