Tujuh

1/7 = 0.142857, lalu berulang. Dengan pola yang menarik. 2/7 = 0.285714. Kok bisa? Tentu, soalnya 28 =14 x 2 dan 57 = 28,n x 2. Dan n tentulah 571428 lagi. 3/7? 0.428571. Dan begitulah 6 angka membentuk 6 kemungkinan yang deretnya nggak berubah. Yang ketujuh tentulah 7/7 = 1, tanpa sisa.

Tujuh juga punya keistimewaan lain. Sebuah bilangan vvvwwwxxxyyyzzz adalah kelipatan atau bukan kelipatan 7 jika vvv-www+xxx-yyy+zzz juga kelipatan atau bukan kelipatan 7. Misalnya, apakah 950547276 adalah kelipatan 7? Kita uji dengan menghitung 950-547+276. Hasilnya 679. Dan 679 adalah 700 – 21, jadi kelipatan 7. Artinya 950547276 juga kelipatan 7. Cek deh dengan kalkulator. Ajaib? Nggak juga. Soalnya 1001 itu kelipatan 7, that’s all :).

Apalagi yang menarik dari angka 7? SLI-007? Flexi 7xxx-xxxx? Telkomnet Flexi #777? Flexi Supercombo 777? Pusing 7 keliling? Oh ya, hari ini tanggal 25. Pas 2+5=7. Bulan 6 tahun 2006 (=8). 7,6,8 dirata2 jadi 7. Maksa :).
Tapi kenapa namanya tujuh? Aku lagi nggak ngebahas rumpun bahasa Indo-Eropa, tapi Indonesia :). Orang Jawa bilang pitu, orang Sunda bilang tujuh. Orang Manado bilang pitu, orang Makasar bilang tujuh. Bagian timur Indonesia umumnya menamainya pitu, pito, fito, hito, hitu. Rumpun melayu memilih tujuh, tujoh, tajuh, to’juh, kjuh. Ada juga yang cuman juh aja (barat apa timur tuh).

2 Comments

  1. Ariani

    Orang jawa mengatakan pitu yang artinya pitulungan atau Pertolongan dari Allah

  2. Besok tanggal 7/7/2007.
    Aq ndak ngerti itung-itungannya yang diatas.. ini sudah pake kalkulator .. :)
    salam kenal

Leave a Reply

%d bloggers like this: